2:36 AM
9
Palu, 1Maret 2014
Aris Affandy Sunuh

Selamat Malam,
kali ini saya akan menshare tentang penggunaan thermal paste.



Fungsi thermal paste adalah untuk menyalurkan panas dari processor ke heatsink. Karena permukaan pada processor dan heatsink tidak rata sehingga butuh penghubung supaya panas bisa ditransfer secara maksimal.
Jika tidak memakai thermal Paste,  transfer panas/ heat  dari prosesor ke HSF jadi tidak sempurna. Efeknya Prosesor akan menjadi cepat panas dan suhunya akan melambung tinggi sehingga komputer akan mati sendiri jika prosesor dilengkapi program otomatisasi suhu.

Tujuan thermal paste adalah mengisi rongga - rongga yang terbentuk oleh IHS dan HSF. Jika rongga tersebut tidak diisi otomatis penampang yang bersentuhan atara HSF dengan IHS lebih kecil.Nah untuk memaksimalkan konduksi panas maka pori ini diisi oleh thermal paste.

Thermal paste semakin mahal harganya jika daya hisap panas dan range temperature lebih besar.
Ada juga thermal paste yang khusus didesain untuk suhu dibawah titik beku..
thermal paste yang murah tidah efektif untuk suhu dibawah 0 dan daya konduksinya rendah serta mudah menjadi kering dan menurun daya konduksinya

Pembersihan :
Penting: sebelom mulai pastikan permukaan heatsink dan processor sudah bersih. pembersihan bisa pakai Iso-Propyl Alcohol atau Arctic Silver ArctiClean. Gunakan kain yg halus seperti kain untuk ngelap kacamata untuk membersihkan permukaan dengan pembersih untuk memastikan permukaan sudah bersih dari residu, dan jangan pegang sama skali permukaan yg sudah bersih

Troubleshoot :
Jika komputer atau laptop anda mati secara tiba - tiba ada kemungkinan thermal pastenya berkurang sehingga Prosesor tidak dapat menahan panas dan mematikan CPUnya.

9 komentar:

  1. Terima kasih gan.
    Sangat membantu nih blognya 👍

    ReplyDelete
  2. Terima kasih gan.
    Sangat membantu nih blognya 👍

    ReplyDelete
  3. ok gan sama2, biasanya juga processor cepat panas karena aplikasi yangberjalan terlalu bnyak, coba perhatikan startup program biasanya ada di taskmanager dan perhatikan RAM yang normal. Cek juga windows update kalo pake OS windows, di matiin aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya gan...misalnya pas ngolesin thermalnya trus pas di baut sama fannya tuh thermalnya ngebeleber kesamping procienya

      Itu bikin bahaya gak?

      Delete
  4. Gan, laptop saya mudah panas, alhasil game yg dlu jalan mulus akhirnya lag juga, kl pake cara gitu kira2 berhasil nga ngurangin lagnya ?

    ReplyDelete
  5. Gan, laptop saya mudah panas, alhasil game yg dlu jalan mulus akhirnya lag juga, kl pake cara gitu kira2 berhasil nga ngurangin lagnya ?

    ReplyDelete