12:17 AM
0
Gelombang mekanik adalah gelombang yang merambat melalui media material (padat, cair, atau gas) pada kecepatan gelombang yang tergantung pada sifat elastis dan inersia medium pada medium yang dilewatinya. Ada dua tipe dasar pengolongan  gelombang berdasarkan gerakanya. yaitu: gelombang longitudinal dan gelombangtransversal. Animasi di bawah menunjukkan kedua jenis gelombang dan menggambarkan perbedaan antara gerakan gelombang dan gerakan partikel dalam medium di mana gelombang tersebut bergerak.

1. Gelombang Longitudinal

Dalam gelombang longitudinal perpindahan partikel sejajar dengan arah rambat gelombang. Untuk memperjelas penjelasan ini dapat dilihat pada animasi di bawah ini yang menunjukkan sebuah dimensi bidang longitudinal menyebarkan gelombang-satu ke tabung. Partikel-partikel tidak bergerak ke tabung layaknya seperti ombak, namun mereka hanya berosilasi bolak-balik tentang posisi masing-masing ekuilibrium. Memilih partikel tunggal dan menonton gerakannya. Gelombang itu dilihat sebagai gerakan dari daerah kompresi (misalnya, adalah gelombang tekanan), yang bergerak dari kiri ke kanan.



2. Gelombang Transversal
Dalam gelombang transversal perpindahan partikel tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Animasi di bawah ini menunjukkan sebuah dimensi bidang melintang menyebarkan gelombang-satu dari kiri ke kanan. Partikel-partikel tidak bergerak bersama dengan gelombang; mereka hanya berosilasi ke atas dan bawah masing-masing tentang posisi ekuilibrium sebagai gelombang yang bergerak. Memilih partikel tunggal yang ada pada animasi dan menonton gerakannya.



3. Gelombang Air

gelombang air adalah contoh dari gelombang yang melibatkan kombinasi dari kedua gerakan longitudinal dan transversal. Sebagai gelombang yang bergerak melalui air itu, partikel akan berjalan dalam lingkaran searah jarum jam. Jari-jari lingkaran mengecil ketika kedalaman air meningkat. Animasi di bawah ini menunjukkan sebuah gelombang air perjalanan dari kiri ke kanan pada suatu bidang di mana kedalaman air lebih besar dari panjang gelombang gelombang. Pada gambar ada dua partikel berwarna blue untuk mengindikasikan bahwa memang setiap partikel bergerak dalam lingkaran searah jarum jam sebagai gelombang berlalu.



4. Gelombang Permukaan Rayliegh

Contoh lain dari gelombang yang memadukan dua gelombang antara gerak gelombang longitudinal dan gerak gelombang transversal dapat ditemukan dalam zat padat sebagai gelombang permukaan Rayleigh. Partikel padat, di mana gelombang permukaan Rayleigh bergerak, bergerak di jalur elips dengan sumbu utama dari elips tegak lurus terhadap permukaan padat. dimana “lebar” bagian yang berbentuk elip akan berkurang. Gelombang Rayleigh berbeda dari gelombang air dimana ada salah satu hal yang sangat penting salah. Dalam sebuah gelombang air semua partikel perjalanan dalam lingkaran searah jarum jam. Namun, dalam gelombang permukaan Rayleigh, partikel di permukaan menelusuri sebuah elips Pada kedalaman sampai dengan pada keadaan peningkatan solid dengan arah pergerakan berlawanan arah jarum jam, sementara partikel pada kedalaman lebih dari 1/5th dari panjang gelombang menelusuri ellispes searah jarum jam.. Dalam animasi tersebut terdapat dua partikel yang diberi warna biru untuk mengilustrasikan gerakan berlawanan arah jarum jam sebagai fungsi dari kedalaman. Animasi di bawah ini menunjukkan sebuah gelombang Rayleigh perjalanan dari kiri ke kanan sepanjang permukaan yang solid(Zat padat)



( sumber penulis :  paws.kettering.edu )

0 komentar:

Post a Comment